Saturday, June 14, 2014

Dasar-Dasar Manajemen dan Organisasi - Pendahuluan

Pada hakikatnya, tuhan menciptakan kita sebagai makhluk sosial, sehingga ada kecenderungan dalam diri kita untuk berinteraksi dan bekerjasama. Dalam kehidupannya, manusia adalah anggota suatu organisasi. Sebagai contoh: organisasi social, keagamaan, olah raga dan lain-lain. Setiap organisasi tersebut berbeda satu dengan yang lainnnya. Ada yang di organisasikan secara formal dan ada yang secara informal. Walau demikian, setiap organisasi tersebut mempunyai satu unsure yang sama, yaitu mempunyai tujuan yang hendak dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap organisasi mempunyai program-program dan metode-metodenya sendiri.

Di dalam organisasi dikenal istilah “Manajer” . Tugas utamanya adalah membuat pola dan mempertahankan lingkungan kerja agar setiap orang yang bekerja dalam suatu organisasi, dapat mencapai misi dan sasaran yang sudah ditetapkan. Manajer bertanggung jawab atas keberhasilan organisasi yang dipimpinnya dan harus selalu terus berusaha memajukan organisasi yang dipimpinnya. Jika dalam suatu organisasi tidak ada manajer, maka dapat dipastikan organisasi tersebut tidak akan berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dalam melaksanakan tugasnya, Manajer harus menyadari  bahwa ada kekuatan-kekuatan yang terdapat di lingkungan organisasi yang akan mempengaruhi organisasi tersebut.Kekuatan-kekuatan itu dapat mempengaruhi baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Kekuatan yang berpengaruh secara langsung:

-        *  Kekuatan yang berpengaruh langsung dari pihak dalam organisasi: seperti karyawan dan dewan direksi.

-        *   Kekuatan yang berpengaruh langsung tetapi dari pihak luar: pemasok (supplier), pelanggan (customer), pemerintah (government), pesaing (competitor) dan sebagainya. 

Kekuatan yang berpengaruh secara tidak langsung, terdiri dari: kemajuan teknologi, keadaan politik, variable social, variable ekonomi.

Kecenderungan yang sering terjadi di lingkungan usaha pada saat ini adalah:

·        *  Daur hidup produk yang semakin pendek
·        *   Kemajuan teknologi yang pesat
·        * Meningkatnya permintaan akan modal, serta
·        *  Adanya intervensi pemerintah.

No comments:

Post a Comment