Saturday, May 12, 2012

Pengertian Manajemen: Manajemen dan Administrasi

Istilah "administrasi" dalam bahasa Indonesia memiliki dua pengertian, yakni administrasi dalam arti sempit dan administrasi dalam arti luas. Administrasi dalam arti sempit yakni sebagai pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan tulis-menulis atau surat-menyurat yang meliputi: menerima, mencatat, menghimpun, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan, dokumentasi, registrasi, kearsipan, dan sejenisnya atau lazim disebut tata usaha (office work) yang merupakan terjemahan dari istilah dalam bahasa Belanda "admisistratie". Sedangkan administrasi dalam arti luas merupakan terjemahan dari bahasa Inggris "administration". Jadi secara etimologi administrasi (administration) berarti melayani dengan sebaik-baiknya.

Pengertian Manajemen: Pentingnya Manajemen Bagi Organisasi

Ada tiga alasan utama diperlukannya manajemen (T. Hani Handoko, 1990):
  1. Untuk mencapai tujuan organisasi
  2. Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran, dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi, seperti pemilik dan karyawan, pelanggan, konsumen, masyarakat dan pemerintah.
  3. Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas.

Pengertian Manajemen: Macam-macam Pengertian Manajemen


Istilah manajemen memiliki tiga pengertian, yaitu:

1. Manajemen sebagai suatu proses

Pengertian Manajemen: Definisi Manajemen


Manajemen sebagai ilmu yang dipelajari atau diajarkan baru lahir pada awal abad 20 ini. Sampai saat ini belum ada kesepakatan diantara para ahli maupun praktisi manajemen tentang batasan atau definisi manajemen. Para penulis memberikan definisi menurut kebutuhan atau penekanan maksud masing-masing. Namun seperti dikemukakan oleh Aris Suparman dalam bukunya Dasar-dasar Manajemen, perbedaan-perbedaan tersebut tidak akan merupakan masalah serius  bagi mereka yang akan mempelajari manajemen, dikarenakan hal-hal sebagai berikut.

Pengertian Manajemen: Istilah Manajemen


Istilah “manajemen” berasal dari istilah bahasa Inggris “management”. Hingga kini belum ada keseragaman dalam menterjemahkan istilah management kedalam bahasa Indonesia. Ada beraneka ragam terjemahannya, antara lain: kepemimpinan, ketatalaksanaan, pengurusan, pembinaan, penguasaan, pengelolaan, dan manajemen.

Friday, May 11, 2012

Accounting Systems and Internal Controls

Objectives

After studying this chapter, you should be able to.
  1. Define an accounting systems and describe its implementation.
  2. List the three objectives of internal control, and define and give examples of the five elements of internal control.
  3. Journalize and post transactions in a manual accounting system that uses subsidiary ledgers and special journals.
  4. Describe and give examples of additional subsidiary ledgers and modified special journals.
  5. Apply computerized accounting to the revenue and collection cycle.
  6. Describe the basic features of e-commerce.

Wednesday, May 9, 2012

Jaringan Usaha

   Seorang wirausaha tidak dapat hidup sendiri dalam menjalankan usahanya, namun ada keterkaitan dengan pihak luar baik sebagai pemasok, pelanggan, maupun pedagang perantara. Oleh karena itu, diperlukan suatu jaringan usaha agar usaha yang kita jalankan berkelanjutan. Jaringan usaha dan komunikasi terbukti berperan penting dalam pengembangan usaha. Ada korelasi positif antara pengembangan telekomunikasi ekonomi. Berbagai jenis jaringan usaha dalam pengembangan usaha dapat berbentuk antara lain: