Saturday, May 12, 2012

Pengertian Manajemen: Definisi Manajemen


Manajemen sebagai ilmu yang dipelajari atau diajarkan baru lahir pada awal abad 20 ini. Sampai saat ini belum ada kesepakatan diantara para ahli maupun praktisi manajemen tentang batasan atau definisi manajemen. Para penulis memberikan definisi menurut kebutuhan atau penekanan maksud masing-masing. Namun seperti dikemukakan oleh Aris Suparman dalam bukunya Dasar-dasar Manajemen, perbedaan-perbedaan tersebut tidak akan merupakan masalah serius  bagi mereka yang akan mempelajari manajemen, dikarenakan hal-hal sebagai berikut.
  • Sekalipun terdapat banyak definisi namun sebagian besar umumnya menunjukkan dasar yang hampir sama.
  • Didalam mempelajari manajemen perlu diketahui bagaimana manajemen didefinisikan. Namun tidak ada keharusan bagi seseorang untuk sepenuhnya mengikuti atau menyetujui definisi tersebut.
  • Apabila untuk mempelajari ataupun mendalami manajemen dipersyaratkan agar supaya menunggu, yaitu sampai adanya definisi tunggal yang berlaku umum untuk manajemen, maka kita tidak akan pernah mulai, karena sulit untuk diperoleh definisi yang bersifat universal.

Dibawah ini dikutip beberapa definisi tentang manajemen.

G. R. Terry:
Manajemen merupakan suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Ordway Tead:
Manajemen adalah proses dan perangkat yang mengarahkan serta membimbing kegiatan-kegiatan suatu organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

John D. Millet:
Manajemen adalah proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas kerja dari orang-orang yang terorganisasikan dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.

Ralph C. Davis:
Manajemen adalah fungsi dari setiap pimpinan eksekutif dimanapun posisinya.

John F. Mee:
Manajemen adalah seni mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal supaya tercapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal baik bagi pimpinan maupun para pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat.

Lawrence A. Appley:
Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

Dalton E. Mc Farland:
Proses dengan manajer menciptakan, mengarahkan, memelihara, serta menjalankan organisasi melalui kerjasama dari usaha manusia dikoordinasikan secara sistematis.

Edwin B. Flippo:
Koordinasi dari semua sember daya melalui proses perencanaan dan pengendalian dari operasi atau kegiatan-kegiatan perusahaan, sehingga sasaran dapat dicapai secara ekonomis dan efektif.

Robert Tannenbaum dkk. :
Penggunaan suatu kekuasaan formal untuk mengorganisasikan, menggerakkan, atau mengendalikan para bawahan agar supaya semua kontribusi dapat dikoordinasikan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Prajudi Atmosudirjo:
Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, alat-alat sesuai dengan kebutuhan.

Sondang P. Siagian:
Manajemen adalah kemampuan atau ketrampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

The Liang Gie:
Manajemen adalah rangkaian perbuatan menggerakkan orang-orang dan menggerakkan fasilitas-fasilitas dalam suatu usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.

M. Manullang:
Manajemen  adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan dari sumberdaya, terutama sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu.

Malayu SP Siagian:
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Kesimpulan umum yang dapat ditarik dari pelbagai macam definisi diatas adalah:
a)      Yang disebut manajemen itu ada atau terjadi di dalam suatu organisasi.
b)      Dalam pengertian manajemen selalu terkandung adanya suatu atau beberapa tujuan tertentu yang akan dicapainya.
c)       Dalam mencapai tujuan itu melibatkab manusia dan sumber-sumber lainnya.
d)      Dalam mencapai tujuan itu dilakukan dengan melalui tahap-tahap kegiatan atau proses tertentu.
e)      Pencapaian tujuan yang melibatkan manusia serta sumber-sumber lainnya itu dilakukan dengan cara yang paling efisien.
f)       Manajemen itu tidak berwujud, hanya dapat dilihat hasil-hasilnya.
g)      Manajemen adalah suatu alat untuk mencapai tujuan, bukan suatu tujuan.
h)      Karena manajemen itu diterapkan atau terjadi pada setiap organisasi, maka istilah manajemen diterapkan secara luas misalnya: manajemen rumah sakit, manajemen universitas, manajemen kepegawaian, manajemen keuangan, manajemen industri, manajemen pemasaran, manajemen transportasi, dan sebagainya.
i)        Manajemen adalah proses yang sistematis, terkoordinasi dan kooperatif dalam usaha-usaha memanfaatkan sumberdaya manusia dan sumber-sumber lainnya.
j)        Manajemen adalah ilmu dan sekaligus juga seni.
k)      Setiap orang sebenarnya terlibat kegiatan manajemen sebab pada hakekatnya tidak ada seorang pun yang tidak terlibat organisasi.

No comments:

Post a Comment