Saturday, April 8, 2017

Cara Menambah Harddisk Virtual di Windows XP pada Virtual Box

Virtual Box adalah suatu Software yang sangah luar biasa menurut saya. Bagaimana tidak, software ini dapat mensimulasikan sebuah komputer lengkap serta bisa di instal dengan Sistem Operasi. Dengan kata lain software ini dapat membuat sebuah virtual komputer. Berbagai sistem Operasi dapat di instal di sini, seperti Windows XP, Windows 7, Windows 8, Ubuntu, Debian, Fedora dan masih banyak lagi. Saya sendiri telah mencoba menginstal windows XP dan berhasil. Namun, ketika awal saya mengeset Ukuran Harddisk Virtual yang kurang besar sehingga terasa kurang ruang harddisk di komputer virtual saya.



Setelah saya mencoba, akhirnya saya menemukan cara untuk menambah Harddisk Virtual Windows XP saya. Berikut langkah-langkah nya.

Buka Virtual Box, klik kanan pada Windows XP virtual> klik Settings, seperti gambar di bawah.



Pilih Storage, lalu klik icon Harddisk di sebelah icon kaset yang bertuliskan "Add Hard Disk" seperti gambar di bawah.



Klik Create new disk


Pilih VDI, klik next.


Pilih Dynamically allocated, klik next.



Tentukan lokasi penyimpanan Harddisk virtual dan atur besar ukurannya. Saya mengatur besar Harddisk virtual 10 GB. Klik Create.



Dapat dilihat telah muncul harddisk virtual yang kita buat. Selanjutnya kita memasukkan harddisk tersebut ke Windows XP.



Klik kanan pada Windows XP, klik Start seperti gambar di bawah.



Setelah masuk ke Windows XP, klik Start, Klik kanan pada My Computer dan klik Manage seperti gambar di bawah.



Akan muncul seperti gambar di bawah, lalu double klik Storage.


Double klik Disk Management



Akan muncul kotak dialog, klik Cancel.



Selanjutnya pada partisi yang berwarna hitam, Klik kanan> klik New Partition seperti gambar di bawah.


Akan muncul kotak dialog lagi, klik Next



Pilih Primary Partition, klik Next.



Biarkan Default, klik Next.



Tentukan Drive Letter, atau biarkan Default lalu klik Next.


File System pilih NTFS, untuk allocation unit size direkomendasikan 512 atau ukuran terkecil untuk menghemat Harddisk. Klik Next.



Terakhir Klik Finish.



Tunggu sejenak Harddisk dalam proses formatting untuk bisa digunakan.



Dan Taraaa... Harddisk virtual baru siap digunakan.

No comments:

Post a Comment